cover
Contact Name
Muhammad Jamil
Contact Email
unilib@uii.ac.id
Phone
+62274898444
Journal Mail Official
unilib@uii.ac.id
Editorial Address
Jln. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Indonesia, 57168 Phone: +62274-89844 Website: http://journal.uii.ac.id/unilib Email: unilib@uii.ac.id
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Unilib: Jurnal Perpustakaan
ISSN : 19799527     EISSN : 2715274X     DOI : http://dx.doi.org/10.20885/unilib
Core Subject : Science,
Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi atau praktik yang akan memajukan pemikiran di bidang tersebut. Cakupan topik secara rinci meliputi: • Aspek teoretis dan umum dari perpustakaan dan informasi; • Pelayanan teknis di perpustakaan; • Teknologi, penggunaan dan sosiologi informasi di perpustakaan; • Literasi informasi; • Koleksi perpustakaan; • Penerbitan dan masalah hukum; • Manajemen Perpustakaan; • Sumber informasi. Jurnal berusaha untuk menerbitkan artikel-artikel bidang tersebut dengan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip yang mendukung penciptaan, organisasi, penyimpanan, komunikasi, dan pemanfaatan informasi dan sumber pengetahuan yang efektif. Juga pemahaman bagaimana kebijakan dan praktik di bidang tersebut dapat dibangun di atas landasan teoritis yang kuat yang diharapkan memberikan dampak yang lebih besar pada pengembangan ilmu pengetahuan. Diterbitkan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus. Setiap korespondensi, pertanyaan atau permintaan informasi dapat dikirim ke Kantor Editorial melalui email: unilib@uii.ac.id . Semua terbitan Unilib: Jurnal Perpustakaan tersedia untuk dijelajahi secara online.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 2012" : 7 Documents clear
Peran Pustakawan Dalam Manajemen Pengetahuan Di Era Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Akademik Civitas Akademika FE UII Suwardi Suwardi
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 3 No. 1 2012
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi baik secara kualitas maupun kuantitas telah mendorong terjadinya perubahan dalam diseminasi pengetahuan. Perubahan dalam diseminasi pengetahuan terjadi pada cara dan bentuk kemasannya. Pustakawan Fakultas Ekonomi UII sebagai bagian dari sistem manajemen pengetahuan mempunyai peran agar sistem tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Perpustakaan FE UII telah menerapkan otomasi dan sedang mengadopsi perpustakaan digital. Otomasi melibatkan teknologi informasi dan komunikasi dan divisi lain yang terkait hingga membentuk suatu sistem. Kombinasi otomasi dan perpustakaan digital dapat mendukung berlangsungnya manajemen pengetahuan secara optimal. Strategi pengelolaan pengetahuan yang dapat dilakukan oleh pustakawan FE UII adalah kodifi kasi. Berdasarkan pembahasan faktor-faktor dalam ruang lingkup manajemen pengetahuan menurut SECI model, peran pustakawan FE UII dalam manajemen pengetahuan belum optimal. Pada salah satu faktor, yaitu SDM (pustakawan) tingkat pendidikan rata-ratanya kurang mencukupi untuk memahami ontologi pengetahuan secara mandiri, menjabarkan kemudian menerjemahkan ke dalam fungsi perpustakaan sesuai dengan ruang lingkup manajemen pengetahuan. Peningkatan tingkat pendidikan rata-rata pustakawan diperlukan untuk meningkatkan kualitas SDM sehingga dapat mendorong terciptanya inovasi yang sesuai dengan strategi yang diterapkan oleh pustakawan FE UII untuk terlibat secara optimal pada manajemen pengetahuan.
Jabatan Pustakawan: Profesionalisme, Peran, Dan Tantangannya Sebagai Makhluk Sosial Di Perpustakaan sungadi sungadi
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 3 No. 1 2012
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini ditulis bertujuan untuk mengetahui profesionalisme pustakawan, peran pustakawan sebagai makhluk sosial dan tantangannya dalam mengemban tugasnya sebagai penyaji informasi. Dari hasil pembahasan dapat diketahui bahwa Pustakawan Indonesia belum sepenuhnya dapat disebut sebagai pustakawan yang professional, karena pada kenyataannya masih terdapat kesenjangan bagi para Pustakawan Indonesia, terutama pustakawan yang bekerja pada Perpustakaan Daerah tingkat II (Kabupaten). Pada perpustakaan tersebut belum tersedia adanya tim penilai pustakawan, adanya di tingkat propinsi. Pustakawan Indonesia sebagai anggota profesi telah berperan besar dalam pengembangan perpustakaan di Indonesia, sejak jaman penjajah Belanda – hingga sekarang kepustakawan di Indonesia dapat berkembang secara signifi kan berkat peran dari para pustakawan kita. Adanya Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Nasional/Daerah, Perpustakaan Perguruan Tinggi, dan Perpustakaan Khusus ini adalah hasil perjuangan dari para Pustakawan Indonesia. Pustakawan sebagai makhluk sosial di perpustakaan memiliki peran yang sangat penting terhadap pengembangan perpustakaan. Pengembangan tersebut meliputi pengembangan koleksi, pengembangan sarana dan prasarana, serta pengembangan untuk meningkatkan minat baca pemustaka. Salah satu peran pustakawan dalam meningkatkan minat baca adalah dengan cara menganalisis perilaku pemakai dan mempromosikan produk jasa informasi perpustakaan.
Tren Penurunan Buku Dipinjam Oleh Mahasiswa Pendidikan Dokter Di Unit Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Sukirno Sukirno
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 3 No. 1 2012
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Unit Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dalam upaya memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa menyedikan sumber-sumber informasi bidang kesehatan atau kedokteran dalam berbagai format, baik dalam format cetak maupun digital. Format cetak dengan melakukan pengadaan buku, karya ilmiah, terbitan pemerintah, atau majalah. Format digital dengan menyediakan e-book, artikel digital, karya ilmiah digital, bahkan berlangganan database bidang kesehatan dan kedokteran. Penyediaan sumber informasi dilakukan dalam upaya mendukung penerapan metode pembelajaran problem based learning (PBL) yang merupakan pengembangan pendidikan berorientasi pada pendekatan internasional SPICES (Student Centered-Problem Based Learning-Integrative learning-Community based learning-Electrive learning-Systematic learning). Penekanan pada pemberian suasana-sarana belajar peserta didik aktif mandiri, bebas dalam menggali dan membentuk atau mensitesis kompetensi ilmu, ketrampilan, sikap perilaku, kepribadian profesi (kognitif, psikomotor, afektif). Pendekatan sistem ini mahasiswa dibiasakan belajar secara mandiri dengan didukung fasilitas koleksi perpustakaan yang memadai untuk memenuhi kebutuhan referensi mahasiswa. Oleh karena itu optimalnya pemanfaatan koleksi di Unit Perpustakaan Fakultas Kedokteran UGM oleh mahasiswa program pendidikan dokter perlu untuk diketahui. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis secara deskriptif. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa progam studi pendidikan dokter, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 132 mahasiswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini diketahui bahwa faktor-faktor yang menyebabkan penurunan buku teks dipinjam mahasiswa program pendidikan dokter, meliputi; tersedia koleksi ebook (22 %), punya buku sendiri (18 %), buku di perpustakaan kurang update (15 %), buku tidak komplit (16 %), administrasi (9 %), dan lain-lain (20 %). Mencermati hasil penelitian, maka perlu dibuat kebijakan yang menyeluruh agar mahasiswa banyak menggunakan referensi buku untuk mendukung proses perkuliahan.
Klasifikasi Ilmu-Ilmu Keislaman Abad Pertengahan Fiqru Mafar
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 3 No. 1 2012
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada abad pertengahan, Islam mengalami masa kejayaan. Kejayaan tersebut salah satunya tercermin dalam pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan pada masa itu. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan yang ada telah mendorong beberapa ulama muslim untuk membuat struktur klasifi kasi keilmuan. Klasifi kasi tersebut tidak hanya dilakukan oleh perseorangan saja, tetapi juga dilakukan secara berkelompok seperti yang telah dilakukan oleh organisasi Ikhwan Ash Shafa. Dengan mengkaji sejarah klasifi kasi ilmu pengetahuan oleh para ulama muslim diharapkan mampu memberikan informasi mengenai bagaimana kondisi keilmuan pada masa tersebut.
Masyarakat Informasi : Website UII Sebagai Sarana Keterbukaan dan Akses Informasi joko sp
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 3 No. 1 2012
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terbentuknya masyarakat informasi melalui proses transisi dari masyarakat pra pertanian, masyarakat pertanian dan masyarakat industri, yang dipacu dengan perkembangan teknologi informasi. Ciri-ciri masyarakat informasi antara lain kebutuhan informasi yang tinggi, sehingga informasi menjadi komoditas penting dicari masyarakat. Keterbukaan atau kebebasan akses informasi dalam masyarakat informasi merupakan suatu keniscayaan.Hal ini merupakan konsekuensi dari penerapan teknologi informasi dalam masyarakat informasi. Universitas Islam Indonesia (UII) menyadari akan pentingnya penerapan teknologi informasi untuk kegiatan catur darma UII yaitu pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan dakwah. Salah satu cara dengan menerapkan keterbukaan informasi dengan memanfaatkan jaringan internet dengan membuat blog institusi beralamat di www.uii.ac.id yang users friendly dapat diakses secara global dari seluruh dunia. Penerapan teknologi informasi bertujuan agar kebutuhan informasi pengguna dapat terpenuhi dan berdampak terhadap peningkatan eksistensi dan kredibilitas UII dimata stakeholder-nya.
Membangun Kualitas Pelayanan Perpustakaan Untuk Meraih Kepuasan Pemustaka Dalam Perspektif Islam Supribadi Supribadi; Sungadi Sungadi
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 3 No. 1 2012
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membangun pelayanan perpustakaan yang baik, sehingga dapat memberikan kepuasan bagi pemustaka. Dari hasil pembahasan dapat diketahui : pertama bahwa Pustakawan sebagai makhluk sosial yang beragama, dalam bertugas harus bersandar kepada Allah dengan senantiasa memohon atas ridha-Nya. Kedua harus mempunyai sifat sabar, suka menolong, bersikap ramah dan sopan, respek terhadap pemustaka, dan dapat menyesuaikan keadaan serta dapat mengikuti adanya perkembangan teknologi informasi, memiliki kompetensi dan skil yang memadai, kredibel, dan responsive, serta memiliki sifat empati terhadap pemustaka. Ketiga tersedianya sarana dan prasaran perpustakaan yang memadai, yang meliputi perencanaan gedung harus matang, peralatan rak yang sesuai dengan kondisi pemustaka, pencahayaan yang cukup, ventilasi yang sesuai, suhu udara dalam ruangan, tata ruang, pembagian ruangan yang proposional, dan warna cat ruangan dan perabot lainnya. Pemilihan warna yang tepat dapat mempengaruhi intensitas terang dan dapat pula memberikan ‘suasana’ ruang pada area perpustakaan. Keempat pustakawan harus dapat mengubah paradigma yang menyatakan bahwa perpustakaan akan didatangi oleh pemustaka, menjadi pemustaka dikelilingi informasi dimana pemustaka sangat dimanjakan oleh informasi. Kelima, perpustakaan perlu melakukan evaluasi dan pengukuran mutu, serta perbaikan secara berkesinambungan.
Model–Model Temu Kembali Informasi (Information Retrieval) Anton Risparyanto
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 3 No. 1 2012
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Informasi yang tersedia di perpustakaan harus dapat ditemukan secara cepat dan mudah melalui berbagai sarana model sistem temu kembali informasi (information retrieval) yang tersedia. Sarana model sistem temu kembali tersebut secara taksonomi dapat dikelompokan sebagai berikut: a. Model tradisional (konvensional) dengan menggunakan sistem katalog, b. Model klasik yang terdiri dari model boolean, vektor, dan probabilistic, c. Model terstruktur yang dikelompokkan menjadi model non-overlaping lists dan proximal nodes.

Page 1 of 1 | Total Record : 7